Jumat, 26 Februari 2010

DISIPLIN

Kata disiplin merajalela begitu terjadi kasus IPDN yang sungguh menydihkan. Ada rasa bingung. Ada yang bilang tak boleh penerapan disiplin seperti itu. Loh, disiplin kan bagus, masa siswa disuruh tidak disiplin? Lalu diperjelas, yang boleh disiplin itu militer. Pecinta militer cepat-cepat membantah, yang dikenal dan diterapkan militer bukan disiplin seperti itu.

Di Indonesia, orang kadang menyamakn disiplin dengan ketertiban dan ketaatan yang ketat, sampai-sampai ada keyakinan bahwa ketertiban hanya hanya tercapai lewat ketaata, padahal keduanya tidak mesti berhubungan sebab akibat. Disiplin adalah taat melaksanakan apa saja perintah atasan tanpa tunda dan tanpa tanya, apalagi mempertanyakan. Padahal arti kata disiplin tidak seperti itu.

Disciplina dalam bahasa Latin berarti petunjuk, pengajaran, pendidikan. Karena pergumulan kedisiplinan dalam dunia pendidikan menghasilkan ajaran yang bertambah matang seperti ajaran baru, ilmu itu sendiri, atau cabangnya. Bukan hanya ilmu-ilmu modern, petuah nasihat kebijaksanaan pun disiplin.

Metode yang dipakaiuntuk mencapai hasil-hasil disebut disiplin. Maka, disiplin juga berarti sistem keilmuan, kaidah-kaidah yang ketika dijalankan dengan tekun akan membuat ilmu maju tumbuh berkembang. Seorang discipulus atau discipula adalah seorang murid. Disciple of Plato adalah orang yang mengembangkan filsafat menurut arah yang digariskan Plato. Seorang discipulus yang tekun dan berbakat pada akhirnya menjadi seorang disciplianatus, bijaksana, dan terpelajar.

Makna ketertiban dan ketaatan berkaitan denagn pendidikan, karena suatu pendidikan yang berhasil mau tak mau menagndung unsur sanksi dan hukuman terhadap murid. Itu sebabnya mendisiplinkan berarti menghukum. Ini hanya terjadi dalam rangka memajukan pendidikan, mengasuh anak didik lewat penjatuhan hukuman yang membetulkan perilaku dan merangsang murid maju.

Disiplin juga mengacu pada situasi tertib, tenag, tekun yang dibutuhkan dalam proses pengajaran. Dalam Oxford Advanced Learner’s Dictonary of Current English, discipline berarti pelatihan (terutama atas akal budi dan kepribadian, untuk menghasilkan kemampuan menguasai diri), kebiasaan untuk taat, intinya ada pada pembentukan akal budi yang mendarah daging, yang melahirkan seorang yang taat hokum ber- dasarkan hati nurani, bukan karena takut pukulan, tendangan dan ancaman.

Istilah disiplin dalam makna yang terkait ilmu masuk ke Indonesia relative baru dibandingkan denagn makna ketertiban dan ketaatan. Kamus Umum Bahasa Indonesia tidak memasukan makna ini pada tema disiplin. Bila mendengar kata disiplin orang Indonesia biasanya tidak berfikir tentang ilmu, tetapi tentang pelaksanaan perintah tanpa bantahan, lebih baik lagi kalau tanpa piker.

Ketika kata disiplin berkembang di Indonesia, makna sekunder ini yang menonjol Kamus Besar Bahasa Indonesia mengkaitkan istilah disiplin nasional, berdisiplin dan mendisiplinkan hanya dengan ketertiban dan ketaatan. Ironis, obsesi pada makna ini menghasikan pendidikan ala IPDN


SAMSUDIN BERLIAN Pengamat Bahasa
(Dikutip dari Kompas, 20 April 2007)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar